Anda sedang membaca
Uncategorized

Pertahanan Gajah

Beberapa waktu yang lalu terdengar kabar yang sangat menyedihkan dari salah satu objek wisata kebanggaan kota Bengkulu, Pantai Panjang; seekor gajah jantan menewaskan seorang instruktur outbond. Kejadian ini bermula dari insting gajah jantan yang superprotektif ketika sedang bersama dengan pasangannya atau berada di wilayah kekuasaanya. Siapapun yang dirasa menganggunya akan ia serang demi mempertahankan daerah atau pasanganya. Sifat demikian juga terkadang dimiliki oleh para laki-laki. Ketika ada orang lain ingin memasuki permasalahan dalam kehidupan rumah tangganya maka hal pertama yang akan muncul adalah power dan hasrat untuk menunjukkan bahwa dialah yang mengontrol wilayah atau orang yang ada di rumah tangganya tersebut.

Sifat manusia ini terkadang menjadi kendala tersendiri bagi para konselor laki-laki. Laki-laki yang sudah terbiasa dengan privilese budaya patriarki akan mempertahankan kedudukan sebagai pemegang kekuasaan dalam rumah tangga. Ia bahkan rela menghalalkan segala cara agar terlihat tetap jaya di depan umum. Hal ini beberapa kali kami hadapi saat mencoba melakukan konseling di lembaga pemasyarakatan Bengkulu. 5 klien sudah mendapatkan putusan dari Pengadilan Negeri karena melanggar Undang-undang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga (UU PKDRT). Sampai saat ini mereka masih menyangkal telah melakukan kekerasan kepada istri atau anak-anak. Kebanyakan mereka malah menyalahkan istri; bahwa istri itu selingkuh atau tidak dapat melayani dengan baik.

Sifat ingin menunjukkan power akan istri, anak, dan wilayahnya menjadi tantangan tersendiri bagi konselor untuk bisa mengungkapkan kenyataan yang selama ini ditutupi oleh para laki-laki, juga tantangan untuk para laki-laki agar tujuan menikmati kehidupan rumah tangga tanpa diskriminasi, kekerasan, dan menjunjung keadilan jender tercapai.

Asnody Retiawan, konselor laki-laki di Women Crisis Centre Cahaya Perempuan Bengkulu

Sumber: http://cahayaperempuan.org

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow Us on Twitter

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 2,186 other followers

Pengunjung

%d bloggers like this: