Anda sedang membaca
Uncategorized

Perempuan Berdaulat Inspirasi Masa Depan

Sepeda Yogyakarta untuk Perempuan Dunia (SETARA Dunia) diselenggarakan oleh Jaringan Perempuan Yogyakarta (JPY) dalam rangka memperingati Hari Perempuan Sedunia yang diperingati setiap tanggal 8 Maret. Tahun 2012 tema Internasional Hari Perempuan Sedunia adalah “Connecting Girls, Inspiring Futures”. Dari tema internasional tersebut JPY mengusung tema “Perempuan Berdaulat Inspirasi Masa Depan”.

“Perempuan Berdaulat Inspirasi Masa Depan”, merupakan semangat  bersama semua anggota Jaringan Perempuan Yogyakarta, bahwa akan terus bergerak bersama untuk mencapai posisi dimana perempuan akan berdaya, berdaulat, mampu menginspirasi orang lain, mempunyai otonomi penuh atas dirinya, dan mampu bernegoisasi atas kepentingan Hak Asasi Manusia – Hak Asasi Perempuan disetiap ranah kehidupan : dalam keluarga, masyarakat, tempat kerja, dan negara/pemerintah.

Pemenuhan hak-hak asasi bagi perempuan sampai saat ini memang masih terus-menerus diperjuangkan karena perempuan masih menerima ketidakadilan ganda : kaum perempuan tidak hanya mengalami ketidakadilan gender atau kekerasan yang terwujud dalam bentuk subordinasi, domestifikasi, marginalisasi dan beban kerja ganda yang terjadi di berbagai tingkatan, tetapi juga mengalami ketidakadilan karena posisi sosial mereka berada pada lapisan bawah masyarakat. Sebagai kelas yang ditempat-kan di bawah, secara struktural cenderung kurang atau bahkan tidak memiliki akses di segala bidang baik ekonomi, kesehatan maupun pendidikan.

Pelanggaran hak yang dialami oleh perempuan belum mendapatkan penanganan yang serius dari pemerintah. Sebagai contohnya : perlindungan dan penegakan hukum yang lemah terhadap korban pelecehan seksual dilingkungan sekolah dan perkosaan; penyelesaian kasus Kekerasan dalam Rumah Tangga yang melenceng dari mandat UU; kebijakan-kebijakan pemerintah yang diskriminatif seperti kebijakan mengurangi subsidi kesehatan, pendidikan, BBM dan tarif dasar listrik, penanaman modal asing telah membawa dampak yang luas pada sendi-sendi kehidupan perempuan; minimnya alokasi anggaran bagi perempuan; upah dan hak-hak normatif yang masih dibawah standar bagi buruh perempuan dan Pekerja Rumah Tangga; akses kesehatan reproduksi yang mahal, diskriminatif dan tidak humanis; belum terealisasinya pemenuhan hak kompensasi bagi para Jugun Ianfu (perempuan korban budak seks tentara Jepang); komodifikasi tubuh perempuan melalui media massa; minimnya akses hak-hak dasar bagi perempuan difable; diskriminasi terhadap perempuan yang hidup dengan HIV dan AIDS dalam mengakses hak-hak dasar; diskriminasi bagi perempuan pekerja seks, lesbian, biseksual dan transgender; pembatasan dan pengaturan cara berpakaian bagi kelompok perempuan yang seringkali dianggap sebagai pemicu terjadinya pelecehan seksual;

Oleh karena itu, Jaringan Perempuan Yogyakarta dalam rangka Peringatan Hari Perempuan Sedunia 2012 mengajukan tuntutan :

  1. Perlindungan dan penegakan hukum yang berperspektif korban terhadap kasus pelecehan seksual dan perkosaan;
  2. Implementasi  Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga sesuai dengan mandat Undang-Undang.
  3. Cabut kebijakan dan peraturan yang diskriminatif, contoh: pengurangan subsidi kesehatan, pendidikan, BBM dan tarif dasar listrik serta penanaman modal asing.
  4. Cabut kebijakan dan peraturan yang eskplotatif terhadap seksualitas perempuan misalnya pengaturan dan pembatasan cara berpakaian perempuan
  5. APBD Propinsi dan Kabupaten/ Kota yang menjamin terpenuhinya hak-hak dasar perempuan.
  6. Terpenuhinya upah dan hak normatif yang layak bagi buruh perempuan dan Pekerja Rumah Tangga.
  7. Akses kesehatan reproduksi yang murah dan ramah perempuan.
  8. Pemenuhan kompensasi bagi Jugun Ianfu di Propinsi DIY.
  9. Hentikan komodifikasi tubuh perempuan melalui media massa.
  10. Pemenuhan akses hak-hak dasar bagi perempuan difable.
  11. Pemenuhan hak-hak dasar bagi perempuan yang hidup dengan HIV dan AIDS.
  12. Hentikan diskriminasi bagi para pekerja seks, lesbian, biseksual dan transgender.

Yogyakarta, 8 Maret 2012 

Jaringan Perempuan Yogyakarta (JPY)

 AKSARA – AWRC – CIRCLE INDONESIA – FORUM LSM DIY – IDEA – IHAP – IWAYO – LBH APIK YOGYAKARTA – LBH YOGYAKARTA – LMND – LSIP – LSPPA – MITRA WACANA WRC – PEACE GENERATION – PERKUMPULAN NARASITA – PKBI DIY – PLU SATU HATI – PSB – RIFKA ANISSA WCC – RUMPUN TJOET NJAK DIEN – SAMSARA – SAPDA – SATUNAMA – SP KINASIH – SOS DESA TARUNA INDONESIA – TEATER GARASI – VIAVIA JOGJA – YASANTI – YAYASAN LKIS – YAYASAN UMAR KAYAM.

Foto-foto lain bisa dilihat di sini

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow Us on Twitter

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 2,186 other followers

Pengunjung

%d bloggers like this: