Anda sedang membaca
Uncategorized

10 Ciri Laki-Laki Feminis

Memasuki tahun baru kerapkali diawali dengan pencapaian baru, perubahan positif yang semuanya tertuang pada daftar resolusi tahun ini. Apakah resolusi Anda juga memuat harapan perubahan pada diri pasangan, saudara, ataupun teman laki-laki? Apalagi jika selama setahun atau bahkan bertahun-tahun ke belakang Anda dan pasangan bergelut dalam hubungan yang tidak membahagiakan.

Jika Anda mendambakan laki-laki baru, yang memperlakukan Anda sebagai perempuan dengan lebih adil dan setara, artinya Anda mendamba laki-laki yang menggunakan bahasa feminisme dalam kesehariannya. Kebanyakan laki-laki memang berbicara dan bersikap dengan bahasa dan aturan laki-laki. Seperti dikatakan filsuf Perancis, Jacques Lacan, dunia kita memang penuh dengan aturan laki-laki, yang didominasi lewat cara berpikir dan bahasa laki-laki.

Nah, apakah pasangan, teman, saudara laki-laki Anda sudah berbicara dengan bahasa baru, bahasa feminis? Laki-laki yang punya nyali menyeimbangkan dunia (dari dominasi aturan dan dunia pria) dengan bahasa dan sosok baru tahun ini.  Anda bisa mengenali dari perilakunya. Inilah 10 ciri lelaki feminis yang dituliskan Gadis Arivia dalam bukunya Feminisme: Sebuah Kata Hati.

1. Memiliki rasa peduli
Berbahasa feminis, melatih laki-laki untuk peduli terhadap lingkungan terdekatnya, seperti keluarga, lalu menjalar ke tingkat lebih luas dalam masyarakat. Dengan kepedulian ini, laki-laki sensitif pada hati dan perasaan orang lain. Alhasil, laki-laki dapat menjadi pendengar dan pemerhati yang baik dalam bidang apapun.

2. Toleran
Toleransi menjadi senjata ampuh untuk melawan agresivitas, konflik, dan sikap fundamentalis. Laki-laki yang mengembangkan sikap toleran berarti yakin dengan pluralisme. Bukankah individu yang meyakini dan menghargai pluralisme menjadi lebih toleran? Dengan toleransi tinggi, konflik berpasangan yang merugikan salah satu pihak akan terhindarkan, hubungan berpasangan pun lebih setara dan memberikan keadilan baik pada laki-laki, dan terutamanya perempuan.

3. Berbudaya
Laki-laki yang tertarik pada seni, sastra, musik, dan teater memiliki pendekatan budaya dalam dirinya. Sedangkan, salah satu sumber pluralisme adalah budaya. Bisa Anda bayangkan, bagaimana laki-laki yang berbudaya ini menjalani kesehariannya, dengan sikap toleransi tinggi yang berakar dari keyakinannya atas pluralisme dan bersumber dari budaya. Nilai positif yang akan muncul pada diri laki-laki berbudaya adalah budaya membangun, bukan destruktif. Laki-laki berbudaya tentu akan mendukung pasangan atau perempuan di sekelilingnya, dan bukan merusak atau melakukan kekerasan terhadap lawan jenisnya.

4. Membebaskan
Dalam relasi interpersonal, laki-laki feminis mengumbar aura kebebasan dan bukan kesesakan dada. Relasi yang dibangunnya dengan setiap individu bersifat demokratis dan parsipatoris. Artinya, ia berusaha untuk berpartisipasi dalam setiap pikiran dan tindakan partner-nya. Sikap yang membebaskan ini memberikan pengaruh positif pada diri partner-nya untuk berkembang, bukan meninggalkan rasa bersalah, ketakutan, dan penolakan.

5. Menggunakan bahasa positif
Laki-laki feminis menggunakan bahasa yang memberdayakan. Yakni bahasa yang menghindari kosa kasa yang merendahkan. Laki-laki ini menggunakan bahasa sebagai ajang komunikasi untuk saling menikmati percakapan dan memahami diri masing-masing. Bahasa yang digunakan bukan untuk mengatur strategi saling menjebak.

6. Memahami pembagian kerja domestik

Laki-laki feminis akan selalu peduli pada beban domestik. Ia paham dan peduli pada beban kerja domestik. Pengaturan kerja domestik dilakukan dengan kesetaraan. Artinya, laki-laki feminis tidak malu untuk mencuci baju, memasak, dan membersihkan rumah. Membuatkan teh atau kopi untuk pasangannya tidak membuatnya merasa kurang macho. Menggantikan popok bayi dan merawat anak merupakan suatu kewajiban yang dijalankannya dengan rasa bahagia.

7. Peduli hak reproduksi
Gadis menuliskan salah satu kontribusi angka kematian ibu yang tinggi adalah tidak pahamnya pria akan pentingnya hak-hak reproduksi perempuan. Keterlibatan pria pada kehamilan perempuan dan konstrasepsi sangat penting. Pria feminis mau belajar tentang seluk-beluk reproduksi perempuan karena ia peduli pada kehidupan pasangannya.

8. Menggairahkan dalam aktivitas seksual
“Pria feminis selalu bersikap sensitif pada kebutuhan-kebutuhan seksual partner-nya,” kata Gadis. Orgasme perempuan selalu diperhatikan dan dijadikan fokus dalam setiap aktivitas seksualnya. Percakapan seksual selalu dipastikan terbina dengan sehat. Tujuannya agar aktivitas seks menjadi suatu kenikmatan secara fisik dan psikis.

9. Transparan
Laki-laki feminis memberlakukan anggaran dengan transparan dalam pengaturan keuangan. Ekonomi keluarga berkaitan erat dengan kesejahteraan dan kebahagiaan. Karenanya, ia menyadari perencanaan yang melibatkan pasangannya dibutuhkan untuk membangun masa depan yang lebih bertanggung jawab. Transparansi anggaran rumah tangga inilah yang menjauhkan dirinya dari praktik korupsi. “Korupsi menjadi bagian yang merusak rumah tangga,” jelas Gadis.

10. Antipoligami
Laki-laki feminis menjunjung tinggi nilai keadilan dan kesetaraan. Ia tidak dapat hidup dengan pasangan yang bergantian dalam satu perjanjian. Kebebasan pria feminis dipertanggungjawabkan dengan loyalitas dan hormat pada pasangannya. Dengan berpegang pada prinsip ini, laki-laki feminis menolak dan antipoligami.

Sumber : http://female.kompas.com/read/xml/2011/01/03/11494486/Kenali..10.Ciri.Laki-Laki.Feminis-12

Sumber gambar: http://www.homepagedaily.com

Discussion

5 thoughts on “10 Ciri Laki-Laki Feminis

  1. Wah, Mas Nurhasyim semakin sibuk aja nih. Ingat gak saya Suyadi, sewaktu di Bombay dulu??? Ingat cerita mas hasyim yang kehilangan dompet di taksi india? ha..ha… lucu. Orang India itu ternyata jujurnya luar biasa ya???

    Aku baca di Kompas kemarin, ada aktifis baru ttg feminisme , lakilaki baru? ada nama NUrhasnyim, dan aku browsing, ee.,,,, ternyata benar dugaanku, begitu aku buka, ternyata ada gamber ente……..
    Selamat ya. Aku pun ada LSM di Jambi, The GURU Foundation, di bidang pendidikan. Mungkin sekali-kali kita bisa sharing, ttg menjadi laki-laki yang feminim. … Skrg tinggal di Jakarta ya Mas hasyim? Tlg. alamatnya ya, siapa tahu suatu saat aku ke JKT, bisa numpang tidur.

    Wassalam
    Suyadi
    +62 83066090305

    Posted by Suyadi Janbi | March 26, 2011, 3:24 am
    • Tentu saja masih inget, Mas suyadi yang operasi mata di india, saya inget waktu ke Pune mas Suyadi masih diperban matanya kayak si buta dari gua hantu. saya masih di Jogja, kebetulan saja kemarin ada acara di Jakarta.

      Posted by lakilakibaru | March 26, 2011, 3:30 am
  2. yach……………. emang sulit mendapatkan laki – laki dengan 10 ciri tersebut, tapi aku melihat ada ciri2 cuman ada di teman – teman aktifis laki – laki yang sudah mapan dalam berpikir dan bertindak, yach pastilah kayak Mas Boim, tetapi sangat sedikit ya orang/laki2 kayak mas hiiiiiiii, 1 diantara 10.000 orang laki2 tetapi aku yakin dari 1 orang pasti akan menjadi 10.000 orang laki2 yang baik, oh ya Mas masih di Indonesia atau udah di luar nich ?

    Posted by watty | July 27, 2012, 4:05 am
    • Hi Watti,
      Senang membaca optimismu untuk para laki laki yang berkenan berubah saya yakin lelaki pilihanmu memiliki prinsip2 ini, maka jangan sungkan melibatkan pasanganmu menjadi bagian dari gerakan ini.
      Saya masih di Jakarta dan akhir tahun ini kemungkinan berangkat.

      Salam,
      Boim

      Posted by lakilakibaru | August 1, 2012, 2:47 am

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: Tweets that mention 10 CIRI LAKI-LAKI FEMINIS « Laki-laki Baru -- Topsy.com - January 5, 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow Us on Twitter

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 2,186 other followers

Pengunjung

%d bloggers like this: